Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·
Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
·
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
4. Matematika
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman
secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Musik : Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
- Keterampilan : Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan.
Kompetensi
Dasar :
1. PKn
·
Melaksanakan
hidup rukun saling berbagi dan tolong
menolong di rumah dan di sekolah.
2. IPS
- Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
.3. IPA
·
Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya )
·
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan
4. Matematika
·
Menggunakan alat ukur berat
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan berat benda
5. Bahasa Indonesia
·
Menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·
Mendeskripsikan isi puisi
·
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
·
Menyimpulkan
isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Menjelaskan
isi puisi anak yang dibaca.
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.
6.
Seni Budaya Keterampilan.
- Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau tanpa iringan sederhana.
·
Mementaskan
permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
·
Membuat
cat pewarna dari bahan alam.
I. Tujuan
Pembelajaran****:
Siswa
dapat :
·
Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok
di sekolah .
·
Melaksanakan
/ mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·
Menceritakan manfaat hidup tolong menolong.
·
Menceritakan pengalaman penting yang
menyenangkan di sekolah.
·
Menceritakan
pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
·
Mengidentifikasi tempat hidup hewan
·
Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan.
·
Mengelompokkan hewan yang hidup di air.
·
Mengelompokkan hewan yang hidup di darat
·
Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon
- Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah
- Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air
- Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat
- Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
- Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah
·
Menyebutkan
kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
·
Membandingkan
berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·
Menimbang
benda dengan kedua tangan.
·
Menimbang
benda dengan timbangan dari kayu.
·
Menimbang
benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·
Mengukur
berat benda dengan timbangan yang baku
·
Mengukur
berat benda dengan satuan baku.
·
Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
·
Memilih
alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan berat.
·
Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi puisi
·
Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·
Menjelaskan isi puisi
·
Memperagakan percakapan
·
Menjawab pertanyaan isi percakapan.
·
Membuat percakapan
·
Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat.
·
Membaca teks dengan bersuara.
·
Mengajukan pertanyaan bacaan,
·
Menceritakan kembali isi bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi puisi..
·
Menyususn kalimat menjadi cerita
·
Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak
bersambung.
- Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar.
·
Menyanyikan
lagu wajib dengan iringan alat musik
ritmis.
·
Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·
Menunjukkan
panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·
Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi
secara glissando.
·
Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat
pembuatan cat warna dari bahan alam.
·
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari
bahan alam.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hidup
gotong royong.
·
Dokumen
pribadi dan keluarga
·
Peristiwa
penting.
·
Manfaat
dokumen.
·
Bagian
utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat
benda
·
Perubahan
wujud benda
·
Alat
ukur panjang tidak baku dan baku.
·
Mendengarkan
teks pendek.
·
Puisi
·
Membaca
bersuara
·
Melengkapi
kalimat.
·
Menulis
pengalaman
·
Menulis
kalimat dengan huruf indah
·
Seni
musik
·
Menyanyikan
lagu
·
Pembuatan
cat.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu
ke 1
Pertemuan pertama :
3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Siswa mendengarkan dan menyimak sebuah
cerita
- penjelasan guru tentang membandingkan berat benda
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Siswa mendengarkan dan menyimak sebuah
cerita yang dibacakan guru , kemudian menyalinnya ke dalam stulisan apa yang
didengarnya.
- Melalui penjelasan guru tentang membandingkan berat benda
dengan istilah lebih berat, lebih ringan, dan sama berat diharapkan siswa dapat
memperagakannya dengah benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit
( Matematika, B. Indonesia, IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar
dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menyelesaikan soal tentang perbandingan berat benda lebih
ringan lebih berat.
- Setelah menyimak bacaan guru, siswa
menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.
-Dengan penjelasan guru tentang peristiwa
penting yang pernah dialami seseorang baik itu menyenangkan maupun tidak
menyenangkan, diharapkan siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri yang menyenangkan di sekolah.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar
dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Siswa dapat mempraktekkan cara menimbang benda dengan kedua tangan
- Setelah mendengarkan teks pendek yang
dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali dengan bahansa sendiri.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit (
B.Indonesia ,PKn , IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-Melalui penjelasan guru tentang lingkungan
alam siswa dapat menyebutkan contoh lingkungan alam siswa
dapat menyebutkan contoh l;ingkungan alam seperti : pegunungan, lautan, sungai,
dsb.
- Memperagakan pembacaan puisi di depan kelas.
- Menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang
dibaca.
- Melalui penjelasan guru tentang tempat hidup makhluk hidup diharapkan siswa dapat
mengidentifikasi tempat hidup hewan dan tumbuhan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
(B. Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menyimak , menafsirkan, dan menjelasakna
isi puisi yang dibacakan oleh teman.
- Melalui penjelasan guru, diharapkan siswa
dapat memberikan tanggapan positif terhadap cerita yang disampaikan teman.
- Menjelaskan cara
penimbangan dengan menggunakan dua tangan dan timbangan kayu.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x
35 menit (Matematika , IPS, SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Mengerjaakan soal yang berhubungan dengan
penimbangan.
- Melalui penjelasan guru diharapkan siswa
dapat menngelompokkan hewan yang hidup di air.
- Melalui contoh yang dinyanyikan guru siswa
dapat menyanyikan lagu dengan syair yang benar serta diiringi alat musik ritmis.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35
menit ( Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Menjelaskan cara menimbang benda dengan
menggunakan timbangan yang tidak baku dan timbangan yang baku.
- Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang
baik dan tepat.
- Melalui penjelasan guru tentang cara menyampaikan maksud bertamu
dengan mengguankan kalimat yang sopan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Siswa mempraktekannya delam
mengerjakan soal.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit
(, Matematika, B. Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Menjelaskan isi puisi dan menafsirkan isi
puisi dengan bahasa sendiri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Mempraktekkan cara menimbang benda
mengguankan timbangan tidak baku.
- Melalui penugasan siswa dapat menceritakan
pengalaman penting yang tidak menyenangkan di sekolah.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Melalui
penjelasan guru tentang cara mengukur
berat benda diharapkan siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan tak
baku kg, ons.
- Melakukan percakapan dengan teman sebangku.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit
( PKn, B. Indonesia, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Menjelaskan
tentang tolong menolong sesama teman atau sesama manusia yang membutuhkan
dengan cara mengadakan bakti sosial.
- Siswa
membuat percakapan yangbberisikan pertanyaan dan jawaban
- Melalui
penjelasan guru diharapkan
siswa dapat mengelompokkan hewan yang hidup di darat dan di laut/air.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x
35 menit ( B. Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Menulis
puisi kemudian dideklamasikan di depan kelas dengan menggunakan tulisan tegak
bersambung.
- Setelah
mnceritakan pengalaman siswa yang lain menanggapi baik positif maupun negatif
terhadap pengalaman temannya.
- Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
mengukur berat benda dengan satuan baku dan diterapkan pada kehidupan
sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 4 x 35 menit ( Matematika, IPA , SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- siswa
dapat Menjelaskan berat benda.
- Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa dapat mengelompokkan hewan yang hidup di dua
alam.
- Mengelompokkan
tumbuhan yang yang hidup di darat, air, tumbuh pada tumbuhan lain.
- Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menampilkan hasil peragaan dinamik .
- Menunjukkan panjang pendek nada pada akhir lagu.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan
pertama 3 x 35 menit ( Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke dua 3 x 35 menit ( IPS, B. Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Setelah
mendengarkan pengalaman teman / cerita
pengalaman teman , siswa dapat memberikan pesan dan saran untuk teman yang
mempunyai cerita yang tidak menyengankan
- Membaca
puisi dengan ekspresi yang tepat .
- Dilanjutkan
dengan menceritakan isi puisi.
- Menjelaskan alat ukur berat yang sesuai dengan benda
yang diukur.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit (Matematika,B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyelesaikan soal mengenai alat ukur
berat sesuai dengan benda yang diukur.
-Menyusun
kalimat menjadi cerita yang baik dengan bantuan gambar.
- Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan
menggunakan tulisan tegak bersambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit (PKn, B. Indonesia, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Dengan
mengadakan kegiatan bakti sosial secara
langsung siswa dapat menceritakan manfaat hidup tolong menolong .
- Menyalin
kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan tidak lupa huruf kapital
pada awal kalimat .
- Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan benda padat yang
ada di lingkungan rumah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Siswa
dapat menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan tanda
baca.
- Dengan
penjelasan gurudiharapkan siswa dapat memberikan saran untuk teman yang
mempunyia cerita tidak
menyenangkan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
- Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan
berat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 4 x 35 menit (Matematika, IPA, SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan benda padat yang
ada disepanjang jalan.
- Melalui
penjelasan guru kemudian dipraktekkan secara langsung untuk mengatur komposisi
bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam
- Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
- memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan
perbandingan dan berat benda.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
- Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
- Mengerjakan post tes
- Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2
Penerbit Buku relevan
- Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku
relevan
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD
, Penerbit Buku relevanPratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2
Penerbit Buku relevan.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 2 Penerbit Buku relevan
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 2 Penerbit Buku relevan.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
·
Alat
Peraga :
- Alat ukur ( meteran, mistar )
- Gambar
tanaman dan binatang
- Foto peristiwa penting, ( menyenangkan,
tidak menyenangkan ).
- Bahan cat alami
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn :
·
Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok
di sekolah .
·
Melaksanakan
/ mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·
Menceritakan manfaat hidup tolong menolong.
2. IPS :
·
Menceritakan
pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah.
·
Menceritakan
pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
3.
IPA :
·
Mengidentifikasi tempat hidup hewan
·
Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan.
·
Mengelompokkan hewan yang hidup di air.
·
Mengelompokkan hewan yang
hidup di darat
·
Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon
·
Menyebutkan
kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
4. Matematika :
·
Membandingkan
berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·
Menimbang
benda dengan kedua tangan.
·
Menimbang
benda dengan timbangan dari kayu.
·
Menimbang
benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·
Mengukur
berat benda dengan timbangan yang baku
·
Mengukur
berat benda dengan satuan baku.
·
Menaksir berat benda dengan satuan yang
sesuai.
·
Memilih
alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan berat.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi puisi
·
Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·
Menjelaskan isi puisi
·
Memperagakan percakapan
·
Menjawab pertanyaan isi percakapan.
·
Membuat percakapan
·
Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang
tepat.
·
Membaca teks dengan bersuara.
·
Mengajukan pertanyaan bacaan,
·
Menceritakan kembali isi bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi puisi..
·
Menyususn kalimat menjadi cerita
·
Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf
tegak bersambung.
6
Seni Budaya dan Keterampilan
:
·
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar.
·
Menyanyikan
lagu wajib dengan iringan alat musik
ritmis.
·
Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·
Menunjukkan
panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·
Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi
secara glissando.
·
Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat
pembuatan cat warna dari bahan alam.
·
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari
bahan alam.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn
:
·
Peragakan
kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .
·
Peragakan
/ mengadakan kegiatan bakti sosial
di kelas.
·
Ceritakan manfaat hidup tolong menolong.
2. IPS :
·
Ceritakan
pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah.
·
Ceritakan
pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
3.
IPA :
·
Jelaskanlah tempat hidup hewan
·
Jelaskanlah tempat hidup tumbuhan.
·
Kelompokkan hewan yang hidup di air.
·
Kelompokkan hewan yang hidup
di darat
·
Kelompokkan hewan yang hidup di pohon
·
Sebutkan
kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
4. Matematika :
·
Bandingkan
berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·
Timbangkanlah
benda dengan kedua tangan.
·
Timbangkanlah
benda dengan timbangan dari kayu.
·
Timbangkanlah
benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·
Hukurkanlah
berat benda dengan timbangan yang baku
·
Hukurkanlah
berat benda dengan satuan baku.
·
Naksirkanlah berat benda dengan satuan yang
sesuai.
·
Pilihkanlah
alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·
Selesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan berat.
5. Bahasa Indonesia :
·
Jelaskanlah teks pendek ?
·
Ceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Jelaskanlah tentang isi puisi
·
Nafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·
Jelaskanlah isi puisi
·
Memperagakan percakapan
·
Buatkanlah percakapan
·
Jelaskanlah puisi dengan ekpresi yang tepat.
·
Bacakanlah teks dengan bersuara.
·
Ceritakan kembali isi bacaan.
·
Jelaskanlah tentang puisi
·
Ceritakan isi puisi..
·
Susunkanlah kalimat menjadi cerita
·
Salinkanlah kalimat dengan menggunakan huruf
tegak bersambung.
6
Seni Budaya dan Keterampilan
:
·
Nyanyikanlah
lagu dengan syair yang benar.
·
Nyanyikanlah
lagu wajib dengan iringan alat musik
ritmis.
·
Tampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·
Tunjukkan
panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·
Tunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi
secara glissando.
·
Jelaskanlah Cara Mengatur komposisi / ukuran
bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·
Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari
bahan alam.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah
NIP/NIK : -
|
PPAI Kec.
NIP
|
,………..2011
Guru Tematik Kelas
II
NIP/NIK : -
|
No comments:
Post a Comment